Minggu, 09 Januari 2011

Catatan Akhir Tahun

Tahun 2010, Hm. . .tahun yang sangat berkesan, tahun 2010 itu banyak sekali pelajaran yang dapat aku petik, mulai dari urusan pendidikan, persahabatan, keluarga, pendewasaan diri, persahabatan bahkan asmara, hehe semua terangkum menjadi satu dalam 365 hari yang sangat berkesan ini. . .

1.       Januari 2010
Di awal tahun 2010 aku memutuskan untuk masuk tiga organisasi sekaligus yaitu LingArt FBS (Kelompok Belajar Karya Ilmiah), Kalimasada (Rohis Jurusan), dan Hima BSI (Himpunan Mahasiswa), awalnya aku kira gak bakal bisa menjalankan semua tugas berat itu.  Di bulan Januari aku membolang ke Weleri, Kendal jalan-jalan ke curug sewu dan pantai sikucing. Januari juga aku yudisium semester 3 ya lumayanlah dapet IP 3,31 walau jauh dari kata cumlaude tapi setidaknya ada peningkatan dalam semangat belajarku, dibanding semester 2 yang aku jauh tertendang turun dengan IP 2,95 (mampus rak??). urusan kompetisi di bulan Januari ada pengumuman PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) hmmm gak lolos deh.

2.       Februari 2010
This is my birthday, bulan itu aku lupa ngrayain ultahnya gimana, hm. . .gak ada perayaan atau kejutan berarti seperti tahun-tahun sebelumnya, yang kuingat aku kebanjiran ucapan selamat di facebook, hoho. Hal yang menyakitkan terjadi di bulan ini adalah aku ngucapin selamat ulang tahun buat orang yang gak penting banget, lalu gak ditanggepin sama sekali (hadu, hadu nyeselllll, gak lagi-lagiiii sumpeh deh). Di bulan ini aku ngurus pengajuan beasiswa, ya lumayan ada dana tiga jeti buat nambah uang saku. Di bulan Februari aku nyoba nulis karya ilmiah untuk ngajuin PKMGT. Waktu itu aku juga sibuk nyiapin diri tuk jadi ketua panitia OIM (Olimpiade Ilmiah Mahasiswa)

3.       Maret 2010
Perkuliahan semester 4 dimulai. Kegiatan organisasi dimulai dari lomba Olimpiade Ilmiah Mahasiswa, alhamdulillah aku sukses jadi panitia tapi aku gagal jadi juara.
Di bulan ini aku mulai menata target semester 4 yaitu lolos PKMGT, cumlaude, lolos Pimnas.

4.       April, mei, juni, juli  2010
Perkuliahan rasanya mulai memanas. Aku gak ingat agendaku di bulan2 ini, yang kuingat (kayaknya) ada kompetisi karya ilmiah di fakultas tapi lagi-lagi aku gagal, hedeh. Di bulan itu ada pengumuman PKMGT dan Pimnas hasilnya? Hore...gak lolos. Hahahaha. Oh iya di Juni aku berhasil menelurkan 3 buku (sebagai penggugur tugas) dan aku mencoba untuk berbisnis cetak buku hohoho alhamdulillah bisa untuk nambah uang saku dan pengalaman cari duit.

5.       Agustus 2010
Aku terpilih sebagai duta bahasa mewakili Unnes di provinsi, dan hasilnya? Cihuy. . .gak lolos. Hahaha. Di bulan ini aku menjadi sie acara GEMA (penyambutan maba) hoah rasanya cuapekkk banget, gak pernah liburan semester dan hampir tiap hari ke kampus untuk menyiapkan semuanya =)). Agustus, aku terima yudisium smester 4. Hasilnya? IP 3,50 kurang 0,01 untuk mencapai cumlaude. Itu arinya, gagal mengambil 24 sks dan gagal ujian skripsi semster 6. Pelajaran semester 4 = tak ada satu pun target tercapai. Kita lihat di semester 5.

6.       September 2010
Awal bulan ini aku ke Jakarta dan Bandung untuk kuliah kerja lapangan. Hal yang membuat aku jatuh cinta yaitu waktu aku berkunjung ke pusat kurikulum Jakarta, gedungnya bagus, orang-orangnya pintar dan ramah. . .hoah senang banget kalau suatu hari bisa bekerja di sana (mupeng). Di bulan ini aku memulai menjalani hidupku sebagai mahasiswa semester 5, ya semester yang membuat kehidupan pribadi mulai terusik. Oh iya di bulan September LingArt sukses mengadakan Kencan Ilmiah Maba dan PKM ter WAH dengan 215 peserta, hahaha.

7.       Oktober 2010
Di bulan Oktober aku ditinggal mbak kosku mba Haniek, mba Tika dan mba Amel yang wisuda. Wah, pertama ngerasa ada yang kurang hidup tanpa mereka (lebay) apalagi mba tika (partner kerjaku, huhuhu).
Ayahku masuk rumah sakit tapi orang rumah gak ngabari (sebel).
Tugas, rapat, latihan drama itu hal yang aku ingat di bulan ini. =(

8.       November 2010
Aku sukses menjadi koordinator lomba KIR SMA tingkat provinsi. Hal yang membuat aku kagum adalah dengan kecerdasan siswa Taruna Nusantara, siswa yang cerdas emosional maupun spiritual (mupeng juga pengen jadi guru di sana, hahaha). Di bulan November LingArt mengadakan LAEC. Aku juga dapat kado spesial di bulan ini yaitu jadi juara 1 lomba karya tulis tingkat universitas.

9.       Desember 2010
Di bulan ini kami mementaskan sebuah drama berjudul Jibril dan Aku, ya sebuah rombel  yang mulanya sangat diremehkan, tapi akhirnya berhasil mementaskan drama dengan entitas terbaik. Di rombel ini aku jadi ass pimpro (kayak wakil ketua kelas) yang membuatku stres parah, bayangkan latihan drama hampir setiap hari pulangg pukul 1 pagi, belum lagi tekanan dari teman-teman. Pujian, teguran, hinaan bahkan fitnah turut mewarnai perjalanku di bulan ini seruuu banget, hehehe. Di akhir tahun aku membolang ke Jogja-solo dengan sahabat2  SMAku, melepas stres. Kami tak bermodalkan kendaraan pribadi, ya hanya mengandalkan public transportation. . .dan ini yang membuat sensasi tersendiri.


Hoah itu dia perjalananku di 2010, mungkin tak banyak yang kuingat.
Urusan persahabatan? Alhamdulillah sahabat bertambah.
Urusan keluarga? Alhamdulillah akan lahir si kecil.
Urusan kuliah? Yo koyo ngono pasang surut.
Urusan asmara? Gak ada yang kuingat sama sekali, hahaha.

Yang jelas sekarang aku mulai menyiapkan amunisi tuk menghadapi tahun 2011 dengan target :
1.       Pimnas
2.       Cumlaude
3.       Skripsi
4.       Duta bahasa (mungkin mau coba lagi eh gak ding) <= = diragukan
5.       Mahasiswa Berprestasi (tiga besar fakultas) = ora muluk2 lah
6.       Nemu calon *****
7.       Nggemukin badan
8.       Ke Borneo
9.       Ke Pare (Nglancarin bahasa Inggris)
10.   Keliling Jawa Tengah ( tinggal Jepara, Rembang, Blora, Pati dan sekitarnya yang belum kujelajahi )
11.   Nabung...... (buat S2, amin)
12.   Beli sepeda polygon (ngayal gpp)
13.   Beli camdig (buat modal mbolang)
14.   Ngadain baksos untuk kali kedua (amin)
15.   Nambah koleksi buku. =))
16.   Khatam
17.   Puasa senen kemis
18.   Tahajud (wah ini yang paling susah)
19.   Pola hidup sehat (jangan kaya kelelawar)
20.   Nyetak buku
21.   Produktif nulis karya
22.   Nambah piala
23.   Latihan renang (gak mungkin sih, hahaha)
24.   KKN alternatif
25.   Beli batre laptop (hie gak penting banget buat ditulis hehe)
26.   Naik gunung (ih gyeh mulai ngaco)
27.   Nambah temen (mulai kehilangan ide)
28.   Apa ya?
29.   Ada usul?
30.   Semoga aku bisa mengisinya sampai 100, hahahaha.

Semoga dapat melakukan yang terbaik, karena hasil akhir bukanlah segalanya, yang terpenting adalah proses. Jika dilihat dengan kasat mata memang target2ku di tahun 2010 tak ada yang tercapai tapi entah kenapa aku merasa sangat bahagia, karena dari kegagalan itu aku belajar tentang bagaimana untuk menjadi sukses, ya tentu saja dengan kemampuanku sendiri (Itulah yang dinamakan kegagalan yang indah). Di tahun 2010 aku juga belajar untuk JUJUR, dengan cara mengerjakan tugas sendiri, gak copy paste, gak nyontek waktu ujian, dan mencoba untuk menjalankan amanah dengan sebaik mungkin, itu semua karena rasa tanggung jawabku kepada jodohku kelak (ya pasangan, muridku, keluargaku, sahabatku atau bahkan anakku) aku malu bila tak dapat mengajarkan sesuatu yang baik kepada mereka. Yang jelas kita harus menyeimbangkan hubungan horizontal dan vertikal. Apa pun yang terjadi yang penting kita sudah berusaha. Soal asmara? Hmmm sebenarnya aku gak yakin kalau aku bisa jatuh cinta (lagi) hahaha, mungkin karena hati ini sudah terlalu lelah untuk merasa “kecewa”. Aneh dan lajak memang kedengarannya, tapi itulah kenyataan, aku rapuh dan memang orientasiku saat ini bukan “asmara”. Yang jelas aku gak akan ngelakuin hal-hal bodoh lagi cuma buat orang yang gak penting banget, apalagi berkorban untuk orang yang gak mau berkorban untuk aku, CUKUP!!

Oh iya akhirnya aku telah menemukan semangatku untuk nulis skripsi yaitu aku ingin mempersembahkan skripsiku untuk kedua orang tuaku, karena mereka yang tak pernah lelah mendukungku walau sering aku kecewakan, banjir air mata nih jadinya huuhu =’( itulah alasanku kenapa menjadi semangat seperti ini, aku tak mungkin mejadi “besar” tanpa kalian. Aku ingin membahagiakan kalian.

Banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang aku peroleh di tahun 2010, semoga 2011 bisa lebih baik lagi.
Semangat, pasti bisa !!!
Semarang, 1 Januari 2011
13.43

2 komentar:

  1. LUAR BIASA SEKALI.. SAYA G AKAN MAU KALAH MELIHAT SEGUDANG PRESTASI KM.. AQ JG AKAN MEMBUAT BANYAK KARYA DI TAHUN 2011 INI... TUGGU AJA KARYA2KU.. HEHEHE SALAM KENAL HUDA

    BalasHapus
  2. wah terima kasih ya sudah mau baca. Mari sama2 berproses untuk berprestas. salam kenal Meina

    BalasHapus