Minggu, 09 September 2012

SMA 2 Purwokerto Peduli



T    : Apa yang dimaksud dengan “SMA 2 Purwokerto Peduli”?
J     : “SMA 2 Purwokerto Peduli” adalah sebuah komunitas non-formal bersifat sosial yang digagas oleh alumni SMA  2 Purwokerto lulusan tahun 2008.
T    : Apa tujuan didirikannya “SMA 2 Purwokerto Peduli”?
J     : Bermula dari diskusi kami tentang sebuah komunitas yang dapat “mengikat” alumni secara nyata dan dapat memberikan manfaat dan kontribusi bagi almamater.
T    : Bagaimana komunitas ini dapat berjalan?
J     : Komunitas ini bersifat online, kami belum memiliki kantor tersendiri. Kami mengandalkan donasi baik dari para alumni atau siapa saja yang senang bersedekah dan cinta dunia pendidikan.
T    : Siapa sasaran dari komunitas “SMA 2 Purwokerto Peduli”?
J     : Sasaran kami adalah siswa SMA 2 Purwokerto yang mengalami kesulitan secara finansial tetapi memiliki kompetensi dan semangat yang tinggi untuk belajar.

T    : Bagaimana sistem pemberian sedekah?
J     : Kami menggunakan sistem “mengagetkan” dan “tidak memberikan harapan”. Mengagetkan artinya kami akan mendatangi sekolah secara tiba-tiba, sedangkan “tidak memberikan harapan” artinya kami tidak akan memberikan harapan pada pihak sekolah maupun siswa bahwa bantuan kami akan bersifat terus menerus, hal tersebut karena besarnya donasi tidak bisa diperkirakan jumlahnya dari waktu ke waktu mengingat sumber dana kami bersifat suka rela.
T    : Bagaimana cara memilih “target”?
J     : Untuk pemilihan target kami memberikan kepercayaan sepenuhnya pada pihak sekolah/guru/BK karena mereka jauh lebih mengetahui keadaan siswa yang sebenarnya.
T    : Bantuan seperti apa yang akan diberikan?
J     : Bantuan yang diberikan tidak berupa uang tunai tetapi berupa beasiswa. Contohnya: kami akan memberikan SPP gratis selama 6 bulan, atau bisa jadi keperluan lain yang saat itu dibutuhkan.
T    : Kapan bantuan akan diberikan?
J     : Bantuan akan diberikan ketika donasi diperkirakan sudah cukup untuk membayar SPP selama beberapa bulan.
T    : Bagaimana sistem pertanggungjawaban pemberian bantuan?
J     : Pertanggungjawaban bersifat online, maksudnya semua akan dilaporkan melalui blog kami. Kami akan memberikan laporan, baik berupa saldo rekening, maupun dokumentasi dan deskripsi pada saat pemberian beasiswa.
T    : Siapa saja yang boleh menyumbang?
J     : Tentu saja siapa pun.
T    : Apa sih manfaatnya setelah menyumbang?
J     : Dalam Al-Qur’an (Al An’am: 160) Allah menjanjikan balasan sepuluh kali lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Qur’an (Al Baqarah: 261) Allah menjanjikan balasan sampai 700 kali lipat.
T    : Kenapa harus peduli dengan siswa yang kurang beruntung?
J     : Alumni yang baik adalah ia yang merasa berhutang budi terhadap almamaternya. Orang yang sukses dan peduli adalah ia yang tak akan membiarkan anak yang pandai dan bersemangat harus menanggalkan seragamnya dan mundur hanya karena masalah finansial.
T    : Bagaimana cara untuk bersedekah?
J     : Sedekah dapat disalurkan melalui Rekening Bank Muamalat, dengan nomor rekening 0196631967 atas nama Meina Febriani QQ SMA 2 Purwokerto Peduli, lalu melakukan konfirmasi ke nomor 085726219145
T    : Di mana saja kami dapat mendapatkan informasi?
J     : Informasi dapat diperoleh melalui blog dengan alamat : http://smadhapeduli.blogspot.com atau ikuti kami melalui twitter dengan account @SmadhaPeduli 

I feel one of my dreams comes true.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar