Senin, 07 Mei 2012

Ratapan Seorang Pengangguran Terselubung


“Janganlah kau terlalu bangga waktu kau wisuda karena pintu gerbang menuju pengangguran akan terbuka lebar untukmu”
Pernyataan itu mungkin berlaku bagi sebagian mahasiswa yang belum mapan, termasuk saya. Akhir April kemarin saya diwisuda dan resmi menyandang gelar Sarjana Pendidikan, wuiiiih calon guru nih ye. Sekarang dua minggu sudah berlalu dan aku pun sudah mulai jenuh dengan kegiatan sehari-hariku. Yah aku sekarang nggak punya status, bukan mahasiswa lagi, kalau ada lomba udah nggak bisa ikutan lagi, padahal “lomba” adalah mata pencaharianku selama kuliah hehehehe.
Kalau orang bilang aku pengangguran sebenarnya nggak sepenuhnya betul sih, soalnya kemarin awal Mei ceritanya aku udah ikut tes masuk pascasarjana, tapi kamu tau kapan tahun ajaran baru akan dimulai?? 3 September 2012!! Yap lalu apa yang akan aku lakukan selama tiga setengah bulan di rumah???
Dulu sempet punya banyak rencana nih (teori)
1.       Jadi guru bimbel.
Ide yang bagus juga, selain buat ngembangin skill mengajar, bisa buat ngisi waktu luang, dan nambah uang saku. Tapi masalahnya, “apa ada bimbel yang mau nerima tenaga pengajar cuma tiga bulan aja?” kayaknya sih rata-rata ada tanda tangan kontrak, kalau keluar sebelum setahun terus suruh denda gitu. Lagian aku pikir nanti seumur hidup aku juga bakal ngabisin waktuku buat mengajar, ini kesempatan aku buat cari kerjaan lain.


2.       Jadi pelayan
Yahhh, ini dia pilihan yang paling aku minati. Lah kok bisa sarjana malah pingin jadi pelayan? Yaa, nggak selamanya kali, aku pengin jadi pelayan selama sebulan aja deh, entah itu pelayan di supermarket atau rumah makan. Kebayang nggak, kadang waktu kita shopping, seenaknya aja nyuruh mbak-mbak pelayan buat ambilin sepatu inilah, sepatu itulah. Pernah nggak, kita berlaku cuek dengan mbak-mbak yang bilang, “Selamat datang kaka, selamat berbelanja!”. Pernah nggak kita nggak peduli sama mas-mas yang suka nawarin slebaran ke kita waktu jalan-jalan di mall. Bahkan kita seringkali menyuruh pelayan rumah makan dengan wajah tanpa senyum atau yang parah kita suka nyampurin bekas tissue makan di piring lalu di penyet-penyet trus dicampurin sama saos atau kecap, pernahkah kita mbayangin, betapa susahnya para pelayan yang mencuci piring itu?

Mungkin ini kedengaran lebay, kadang aku pengin ngerasain apa yang mereka rasain. Alesannya? Biar aku lebih menghargai orang lain tentunya. Tapi sayang banget waktu aku bilang ke orang tuaku, bapakku sangat melarangku, ya beliau mungkin nggak tega kali ya. Lain dengan ibuku yang sangat mendukung, soalnya waktu masih muda ibuku juga pernah kerja di perusahaan “ban” dengan alasan yang hampir sama dengan alasanku.

3.       Les ngaji dan jadi santriwati
Ini juga salah satu impianku. Aku ingin sekali khatam selama Ramadhan, jujur belum pernah seumur hidupku, habisnya males sih, hehehe. Maka dari itu aku ingin memerbaiki diri, mendekatkan diri, ceileeeh, tapi bingung juga mau ngaji dimana, kayaknya sih di temen kerjanya mamah. Oke semoga terlaksana.

Aihh suka sama gambar ini

4.       Kursus rias
Terdengar aneh kali ya? Tapi ini mungkin aja loh. Ceritanya berawal dari seorang anak tetanggaku yang kurang mampu dan dia harus ikut kartinian padahal nggak punya duit buat rias, akhirnya aku yang ngrias dia, ya dengan peralatan seadanya. Selain itu, waktu aku diwisuda ternyata biaya sekali rias itu berkisar antara 100ribu rupiah, wuiiih. Apa nggak kaya raya tuh tukang make up? Disitulah aku berpikir, kalo aku punya keterampilan merias siapa tahu bisa nolong banyak orang dan nambah penghasilan. Tapi kemarin waktu aku bilang sama mamah, katanya nggak usah, soalnya mahaaaalll. Yasudah deh aku jadi mengkeret, lagian aku juga lagi krisis moneter. Semoga suatu saat bisa terlaksana deh, amiin.
Ini yang tengah bukan riasan akuuu :p

5.       Belajar bahasa Inggris
Ini nih yang paling aku penginin. Aku pengin ke Pare Jawa Timur, ke Kampung Inggris. Aku pengin jadi guru bahasa Indonesia di Australia, chiyeeee. Tapi kata teman sekamarku yang kuliah di Jurusan Bahasa Inggris, sebenarnya kita nggak usah repot jauh-jauh kesana, asal kita rutin berbicara dengan bahasa Inggris dan ngerjain soal serta memelajari pembahasannya, yo bakal lancar sendiri. Oh gitu ya? Tapi kepengiiiin ke Pare :(

6.       Ngulangin pelajaran S-1
Kali terakhir aku mengenyam bangku kuliah adalah semester enam, tepat setahun yang lalu. Setelah itu aku praktik mengajar, kuliah kerja nyata dan skripsi. Dapat dibayangkan betapa nge-hangnya otakku saat ini? Benar-benar perlu diupgrade versi terbaru. 

7.       Belajar masak
Ini nih yang sudah mulai berjalan. Ini adalah hari kedua aku belajar masak. Sebenarnya sudah pernah belajar masak waktu aku tinggal di Ungaran selama tiga bulan, tapi lupa soalnya nggak pernah dipraktikan, kenapa harus belajar sekarang? Kata mamah, ini kesempatan aku buat belajar masak, soalnya dua tahun ke depan mungkin aku akan sibuk sekali, dan siapa tahu selepas S-2 aku langsung menikah, so kapan aku latihan masak? Iya juga sih bener kata mamah. Jadi sekarang aku sedang merintis hobi baruku. Sebenernya aku juga nggak sendirian, lebih tepatnya sekarang aku jadi asistennya Mbak Kas, rewangku, hahahaha. Aku pikir ini juga bisa sebagai usaha untuk memantaskan diri jadi istri yang baik, biar Allah kasih suami yang hebat buat aku, amiin ya Rabb, permudahkan dan percepatkanlah kami bertemu, amiin (eh kok jadi lain topiknya, hehehe). Hari ini aku masak sayur oyong (entah apa itu bahasa Indonesianya oyong), ayam kentucky, dan sebagai dessert ada pisang cincin bertabur keju dan chococips. Tapi berhubung ane lagi shaum jadi belum sempet nyicip, semoga enak, amiin.

Oh iya salah satu penyemangat aku buat masak yo, aku harus inget kalo orang yang nggak sekolah aja bisa masak, masa aku yang sarjana nggak bisa. Apa kata duniaaa??? Yang perlu diingat, bumbu oseng itu bawang merah, bawang putih, cabe, garam, bisa ditambah tomat sama udang. Bumbu bikin ayam goreng itu bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, garam. Udah itu harus diingaaattt!!!

Nggak begitu menggiurkan, ya namanya juga newbie. Entah kenapa belum bisa bikin kriuk-kriuk kentucky

Nah ini bentuk asli pisang cincin hasil browsing resep

Setelah aku coba bikin, bentuknya jadi gini, belum bisa bikin cincinnya, hahahaha

Sekian curhatan dari seorang pengangguran terselubung yang sedang berusaha mengisi waktu luangnya yang sangat luang dengan hal-hal yang bermanfaat. Nggak sabar nunggu September!!!

9 komentar:

  1. Kursus menjahit Meina. Belum disebutin tuh. Gak ada salahnya kita sebagai *ehm Calon Ibu, itu bisa menjahit.. :3..

    FYI, ibunya temenku udah mampu bikin kebaya anak yang bisa dijual online. Untungnya bisa berlipat2 loh. Padahal beliau usianya berapa? 52 tahun. Beliau rela belajar komputer, internet dari nol bwt masarin produknya.. #kompor

    BalasHapus
    Balasan
    1. aihhh njait ya? iya bener kan besok kalo ada negara Ajibarang, namaku bakal tercatat di sejarah sebagai ibu negara yang menjahit bendera pusaka hehehehe. waaaoooow bener juga ya. aku meh sinau njait tp ora telaten, mending bikin kue ajaaa :p

      Hapus
  2. hayuh daripada nganggur mending bantu aku macul saja di sawah ne,. ayo ayo ayo

    BalasHapus
  3. duhhh...Dik,liat foto sayur oyongnya nafsu makan sy jadi muncul lagi.Perut ikut-ikutan dangdutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal oyonge sing paling ora mengini jaku sih

      Hapus
  4. ngrewangi Abunk....mumpung perek umah....lumayan nek digaji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngumbaih mangkok mie ayam yoh

      Hapus
    2. mijeti Abung ya kena....hahhaa... #sayangabungorabisadimensyen

      Hapus